Skip to main content

Pengalaman SBMPTN 2019 : FKG UGM

Halo, aku Tiffany, mahasiswi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada angkatan 2019. Sebelum diterima di UGM, aku sering nyari blog-blog pengalaman SNMPTN dan SBMPTN kakak-kakak tingkat biar dapat informasi dan motivasi, tapi rata-rata yang aku temui udah lumayan lama. Ada yang tahun 2017, 2014, bahkan 2010. Makanya, aku pengen cerita pengalamanku melalui proses seleksi masuk PTN tahun 2019, supaya orang lain bisa dapat informasi yang lebih recent. Sharing is caring kan? 🙂


Aku diterima lewat jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), alias jalur ujian. Bagi yang belum tahu, alur untuk masuk PTN lewat SBMPTN tahun 2019 itu begini :
daftar UTBK 1 > daftar UTBK 2 > UTBK 1 > dapat nilai > UTBK 2 > dapat nilai > daftar SBMPTN > pengumuman 
Setiap orang dapat kesempatan ujian 2x, dan biayanya 200rb/kali.

Untuk referensi, nilai rata-rata UTBK aku itu 600an mendekati 700. Tapi belum tentu kalau dapat nilai segitu sudah pasti lulus untuk tahun-tahun berikutnya ya, semuanya tergantung daya tampung prodi masing-masing dan nilai pesaing kalian. Bisa saja lebih rendah atau lebih tinggi.

Nah, sekarang untuk persiapan UTBKnya sendiri. Ini cuma sekadar pengalamanku pribadi, belum tentu cocok untuk semua orang.
Aku mulai serius persiapan untuk UTBK itu selesai UN. Jadi cuma ada waktu 1 setengah bulan. Kebayang stress nya dong, lihat temen-temen udah pada persiapan dari awal kelas 12, bahkan ada yang dari kelas 10. Aku ga bimbel, jadi belajar sendiri. (Papaku guru les mate fisika kimia, jadi aku diajarin di rumah HEHE membantu banget sih)

Bukan hal yang mudah ya, persiapan UTBK dalam 1 setengah bulan (jujur sih pontang panting banget). Ujian masuk PTN itu susah, jadi kalau waktunya sudah sependek itu, ya harus bener-bener serius dan disiplin. Untuk waktu belajar, aku tetapin setiap hari harus minimal 8 jam dari senin-sabtu, gaada alasan. Dan 8 jam itu benar-benar dipake untuk belajar, yang serius. Hari minggu wajib libur ya tapi, kalo ga ntar botak sebelum waktunya.

Usahakan waktu belajar itu diporsikan sesuai kemampuan masing-masing dan jurusan yang dituju. Misalnya nih, aku merasa dasar matematikaku cukup bagus, jadi aku ga ngulang materi SMA lagi. Cuma terus-terusan cari soal, kerjain, cari soal, kerjain. Sedangkan untuk bio, aku masih kurang pede, apalagi aku maunya masuk FKG kan, jadi aku ngulang lagi materi dari awal. Otomatis waktu belajarku lebih banyak habis ke bio, mungkin sekitar 40% jadinya.

Berlaku sebaliknya ya, misalnya kalian ada yang bio nya memang jago, tapi fisikanya lemah, padahal mau masuk teknik. Nah, boleh tuh dibaca dan ringkas ulang rumus-rumus fisika SMA nya. Iya capek pake banget, tapi akan sangat sangat membantu.

Untuk materi belajar, menurutku yang terbaik memang latihan soal. Usahain ikut tryout bagi yang bimbel. Bagi yang belajar di rumah kayak aku, ada banyak tryout online kok, dari yang gratis sampai berbayar. Gak jarang juga bimbel-bimbel bikin tryout yang terbuka untuk umum, asal bayar bisa ikut, ga perlu les disana. Kalian juga bisa cari soal dari internet, atau fotokopi soal latihan teman-teman yang bimbel. Buku-buku kumpulan soal juga banyak. Jujur ini metode paling efektif untuk belajar TPS sih, karena tipe soalnya mirip-mirip, jadi nanti pas ujian ga kaget.

Untuk biologi sendiri, karena aku belajar dari awal, aku pake buku cetak.
Bukunya : Kwan, L.P. & Lam, E.Y. K., 2013, Biology GCE O Level, 2nd edition, Marshall Cavendish Education, Singapore.
Memang bukan kurikulum Indonesia, tapi berguna banget karena masih sederhana dan gampang dipahami. Dan kenapa belajar pake buku bahasa Inggris? karena itu yang ada di rumah 😅 (dan males buka buku sekolah dari kelas 10, 11, 12... gila banyak banget).

Intinya cuma itu sebenarnya, yang penting disiplin aja dilewatin minimal 8 jam sehari. H-3 tiap kali UTBK biasanya aku bener-bener gas pol sih bisa sampe 12-14 jam belajarnya. Itu praktisnya berhenti cuma buat makan, mandi sama tidur. Penat itu pasti, tapi worth it kok.

Sekarang di hari H ujian. Aku selalu berusaha ambil jadwal ujian yang pagi sih, kalo udah siang ngantuk soalnya. Terus kalo ujian pagi kan selesainya siang, bayangin setelah belajar tiap hari tiba-tiba dapat setengah hari off dari siang sampe malam. BERKAH. Usahain tidur minimal 6 jam juga, karena di awal-awal kan ujiannya TPS dulu, itu teksnya banyak pake banget dan harus bener-bener dibaca teliti dalam waktu singkat. Kalo ngantuk atau setengah sadar pasti ada yang terlewat. Kan sayang nilainya, padahal nilai TPS itu justru membantu (TPA saintek rada serem hue)

Bagi yang kemampuan bahasa Indonesia, Inggris dan matdasnya udah bagus, TPS harusnya bisa dilewati dengan baik. Yang harus dipikirin sekarang TPA. Aku cuma bisa jelasin yang saintek, karena ga paham tentang soshum sama sekali.

Kan soalnya banyak, susah, waktunya dikit. Kalau aku pribadi sih udah tau dari awal ga bakal selesai semua. Jadi dibuka dulu satu-satu soalnya. Soal yang gampang pasti ada, jangan sampai terlewat. Kerjain yang pasti bisa dulu, terus baru yang "mungkin bisa, coba coba aja". Kalo ada sisa waktu dan udah ngeblank total, ada 2 pilihan :
a) kalo masih ada waktu, masukin jawaban ke soal satu-satu
b) kalo tinggal 1 menit atau kurang  : andalan semua orang, nembak lurus.
Kalau mau A, A semua. B, B semua. dan seterusnya. Namanya nembak ya kan untung-untungan, tapi kalo dilihat peluangnya, misalnya ada 10 soal. Kalo dijawab A semua, atau E semua, paling ga pasti ada 1-2 yang bener. Daripada jawab B ternyata E, jawab C ternyata A, ujung ujungnya salah semua. Kan ribet hehe, namanya juga nembak ya cari aman aja ga sih?

Sekadar buat referensi nih, untuk dapet nilai 600an kalian perlu bisa ngerjain berapa soal :
Buat TPS jujur aku bener-bener berserah aja dan ngerjain yang aku bisa. Nilaiku semuanya diatas kuartil 3 kecuali yang B.Indo Pengetahuan dan Pemahaman Umum (sumpah sih itu a-e cuma beda satu kata atau imbuhannya atau peletakannya, aing pusing). Sisanya pas pasan tapi TPS ku hasilnya lumayan karena kebantu sama matdas yang 792.

Buat TPA kayaknya rata-rataku lebih tinggi dari TPS. Mate aku bisa ngerjain sekitar 12-14 gitu dari 20 soal, hasilnya 600an. Fisika cuma bisa separoh sih dan itu juga udah maksa hehe yaudahlah ya emang ga bakat. Kimia sih penyelamat hidupku di TPA, bisa ngerjain mungkin 18 atau bahkan semua (tapi ya ga bener semua.. silap pasti ada) dan nilainya juga mendekati 900. Bio juga standar-standar aja, hasilnya juga 600an. Ya, gitu deh, kelebihan nutupin kekurangan hehe.

Sekian pengalamanku,
Kalo ada pertanyaan lebih lanjut bisa lewat komen atau langsung dari DM instagram @atiffanywinata
https://www.instagram.com/atiffanywinata/
(perkenalkan diri aja kalau DM, dibalas kok).

Oiya sekalian promo deh,
https://www.instagram.com/matemantika/
aku punya akun edukasi, bagi yang masih SMA dan pengen punya outlet belajar yang fun boleh banget di follow instagram @matemantika (yang semasa SMA suka banget mate tapi pas kuliah ga ketemu mate lagi kayak aku, boleh juga melepas rindu 😢)


Makasih udah membaca, semoga bermanfaat untuk calon maba FKG UGM selanjutnya 🙂✨




Comments

  1. Terima kasihh kaa atas pengalamannya, semoga aku bisa nyusul kaka 🥺 (Aamiin) doakan aku jadi MABA FKG UGM 2020 yaa kaa! :)

    ReplyDelete
  2. Bismillah, Fkg 2021 aamiin
    Btw thanks kak, soon aku nyusul mwhehe

    ReplyDelete
  3. terimakasiih kak tipsnya doain aku juga nyusul fkg ugm tahun 2022 aamiin

    ReplyDelete
  4. thx kak,, yok semangat maba fkg ugm 22,, aamiin

    ReplyDelete
  5. terimakasih banyak kak udah mau sharing..doain aku jg ya kak semoga keterima sbmptn fkg ugm 2022 aamiin...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hemat waktu, hemat tenaga, hemat biaya: TOMPS solusinya!

Pada suatu minggu pagi yang cerah, bayangkan kamu sedang berada di dapur, siap untuk membuat kue. Semua bahan sudah lengkap dibeli, resep sudah ada, adonan sudah jadi, masukkan ke oven, tunggu 40 menit. Tiba-tiba kamu melihat di meja dapur. Ternyata... kotak bubuk pengembangnya masih tersegel! Jelas, tanpa bubuk pengembang, kue tersebut akan keluar dari oven dalam wujud bantet, keras, dan gosong. Meski semua tahapan sebelumnya terlaksana dengan sempurna, satu hal kecil yang terlupakan dapat menyebabkan semuanya menjadi berantakan. Untuk contoh ini, kita hanya menggunakan analogi kue. Bayangkan apa yang akan terjadi apabila kecerobohan serupa terjadi pada proyek konstruksi . Berapa banyak uang yang akan terbuang? Berapa banyak orang yang akan dirugikan?  Syukurnya, di era modern ini, semua permasalahan ada solusinya apabila kita mau mencari. Untuk menghindari kesalahan fatal seperti ini, aplikasi manajemen proyek Tomps hadir untuk membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi manajeme